Jelang Pilkada Serentak 2024, Polsek Tutar Tingkatkan Patroli Dialogis untuk Jaga Kondusivitas

BasriBas
Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polsek Tutar Polres Polman intensifkan patroli dialogis di sejumlah titik strategis di wilayah hukum Tutar

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman,id — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polsek Tutar Polres Polman intensifkan patroli dialogis di sejumlah titik strategis di wilayah hukum Tutar. Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan menciptakan kondisi yang kondusif selama tahapan pemilu. Minggu (6/10/2024)

Jajaran personel Polsek Tutar yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tutar, Ipda Bafruddin, terjun ke lapangan untuk memastikan keamanan serta memberikan rasa nyaman bagi warga.

Mereka tak hanya melakukan pemantauan, tetapi juga membuka ruang komunikasi dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan, masukan, serta aspirasi terkait pelaksanaan pemilu.

“Patroli dialogis ini merupakan bagian dari pendekatan humanis Polri dalam menciptakan suasana aman dan damai di tengah masyarakat. Kami ingin memastikan bahwa proses Pilkada berjalan lancar tanpa ada kekhawatiran dari pihak manapun,” ujar Ipda Bafruddin dalam keterangannya.

Menurutnya, patroli ini tidak semata-mata ditujukan untuk menunjukkan kehadiran Polri di tengah masyarakat, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk merangkul partisipasi warga dalam menjaga ketertiban.

"Dengan komunikasi dua arah yang baik, kami ingin warga merasa didengar dan dilibatkan dalam upaya bersama menjaga keamanan lingkungan," tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolsek Tutar juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu provokatif yang bisa memicu perpecahan.

Ia menekankan bahwa stabilitas wilayah merupakan tanggung jawab bersama, terutama di masa-masa krusial menjelang pemilu.

Masyarakat setempat menyambut baik kegiatan patroli dialogis ini. Salah seorang warga Desa Tutar, Rahmat (45), menyampaikan apresiasi atas upaya Polsek Tutar dalam menjaga keamanan.

“Kami merasa lebih tenang, ada polisi yang rutin berpatroli dan berdialog dengan warga. Ini menunjukkan bahwa Polri serius mengawal Pilkada yang damai,” ungkapnya.

Patroli dialogis ini rencananya akan terus digencarkan hingga hari H pemilihan untuk meminimalisir segala bentuk potensi gangguan, mulai dari kampanye hitam hingga tindakan provokatif yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Dalam setiap dialog yang dilakukan, Polsek Tutar juga mengingatkan pentingnya partisipasi aktif warga dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Polsek berharap seluruh elemen masyarakat dapat bersikap bijak dalam menyikapi dinamika politik, serta menjadi pelopor dalam menciptakan suasana yang kondusif dan damai.

“Pemilu bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga soal menjaga martabat demokrasi. Mari kita wujudkan Pilkada yang bersih, aman, dan bermartabat dengan tetap menjunjung tinggi persatuan,” pesan Ipda Bafruddin.

Dengan langkah preventif dan pendekatan dialogis ini, Polsek Tutar optimistis dapat menciptakan situasi yang aman dan terkendali sepanjang tahapan Pilkada serentak 2024 di wilayahnya.

Editor : Huzair.zainal

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network