Harapan agar DPRD tidak "takut" pada eksekutif dan bertindak transparan

BasriBas
Ketua Umum LSM AMPERAK, Arwin Hariyanto

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id - Ketua LSM Amperak, Arwin Hariyanto, kembali menyuarakan aspirasi masyarakat terkait perpanjangan masa jabatan Pj Bupati Polewali Mandar (Polman). Hari ini, LSM Amperak secara resmi memasukkan surat kedua yang berisi permintaan audiensi kepada DPRD Polman. Kamis (26/9/24)

Surat Audiensi tersebut diajukan pada hari Senin, 23 September 2024, dengan tujuan mendesak agar legislatif segera bersikap terkait rekomendasi penolakan perpanjangan masa jabatan Pj Bupati Polman, Muh. Ilham Borahima.

"Ini adalah surat kedua kami. Sebelumnya, pada Juli 2024, kami juga telah mengajukan surat yang serupa, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari pihak legislatif," ungkap Arwin.

Ia menambahkan bahwa pada saat itu, pihak DPRD hanya memberikan janji akan segera memberikan informasi, namun sayangnya hingga kini belum ada kepastian apapun.

Dengan perubahan komposisi anggota legislatif yang baru, Arwin berharap akan ada semangat baru dalam menyikapi permasalahan ini. “Saya harap wajah-wajah baru di legislatif ini membawa semangat baru juga, agar nantinya para legislator tak lagi 'takut' berhadapan dengan pihak eksekutif,” tegasnya.

Arwin juga menyinggung kinerja Pj Bupati Polman yang dinilainya tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Bahkan, menurutnya, kehadiran Muh. Ilham Borahima justru memperburuk situasi di Polewali Mandar. "Kehadiran Pj Bupati Polman tidak membawa perubahan, kebijakannya hanya merusak. Ini sangat merugikan bagi Polman," ujar Arwin dengan nada kecewa.

Lebih lanjut, Arwin mendesak DPRD Polman agar segera mengeluarkan rekomendasi, apapun hasilnya, sebelum evaluasi terhadap Pj Bupati dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

"Kami meminta DPRD segera mengambil sikap. Jika memang legislatif memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan, kami siap menerima, asalkan diberikan penjelasan terkait pertimbangan yang mendasarinya. Kami tak ingin lagi ada kesan legislatif takut pada eksekutif," pungkasnya.

Desakan ini muncul di tengah semakin tingginya perhatian publik terhadap isu kepemimpinan di Polman.

Audiensi yang diajukan LSM Amperak diharapkan dapat menjadi momentum bagi DPRD untuk menunjukkan keberpihakan kepada kepentingan rakyat, serta keberanian dalam mengambil sikap yang tegas dan transparan.

Editor : Huzair.zainal

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network