Patroli Sat Polair Polres Polman Hadirkan Inovasi Poliklinik Terapung untuk Warga Pesisir

BasriBas
Satuan Polisi Air (Sat Polair) Polres Polewali Mandar (Polman) kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan patroli perairan inovatif yang tak hanya berfokus pada keamanan

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id – Satuan Polisi Air (Sat Polair) Polres Polewali Mandar (Polman) kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan patroli perairan inovatif yang tak hanya berfokus pada keamanan, namun juga menyentuh aspek kesehatan. Minggu (6/10/24)

Di perairan sekitar dermaga penyeberangan antar Pulau Tonyamang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Sat Polair menggandeng tim medis dari Seksi Dokkes Polres Polman untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis melalui konsep poliklinik terapung.

Dalam operasi yang dipimpin oleh Bripka Henki Resky dari Seksi Dokkes Polres Polman ini, warga pesisir mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, terutama mereka yang kesulitan mengakses fasilitas medis di daerah terpencil.

Langkah ini mendapat sambutan positif dari masyarakat pesisir, yang merasakan langsung manfaat dari hadirnya layanan kesehatan di tempat tinggal mereka yang jauh dari pusat layanan medis.

“Kegiatan patroli ini tidak hanya bertujuan menjaga keamanan dan mencegah pelanggaran seperti penangkapan ikan ilegal, tetapi juga memastikan kepatuhan terhadap aturan maritim. Dengan menambah layanan kesehatan, kami berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ipda Awal Andi Makkarannu, Kaurbin Ops Sat Polair Polres Polman, mewakili Kasat Polair, Akp Supriadi. Ia menegaskan bahwa patroli perairan rutin ini penting untuk menjaga stabilitas dan kondusivitas wilayah laut.


Inovasi ini disambut antusias oleh warga. Salah satunya, Junaedi (45), mengungkapkan rasa syukurnya atas pengobatan gratis yang diterimanya

Inovasi ini disambut antusias oleh warga. Salah satunya, Junaedi (45), mengungkapkan rasa syukurnya atas pengobatan gratis yang diterimanya. “Kami sering kali kesulitan mengakses layanan kesehatan karena jarak yang jauh. Kehadiran pengobatan gratis ini sangat membantu kami,” ujar Junaedi.

Patroli yang menggabungkan unsur keamanan dan layanan sosial ini memperkuat citra Polres Polman sebagai institusi yang tidak hanya fokus menjaga ketertiban, tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir.

Program ini merupakan wujud nyata dari komitmen Polres Polman untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan dampak langsung yang positif.

Dengan sinergi antara Sat Polair dan Seksi Dokkes Polres Polman, diharapkan warga pesisir semakin merasa aman dan terlindungi, baik dari ancaman pelanggaran hukum di laut maupun dari keterbatasan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Program poliklinik terapung ini diharapkan menjadi langkah awal dari lebih banyak inisiatif serupa yang mengedepankan kepedulian dan pelayanan bagi masyarakat terpencil.

Editor : Huzair.zainal

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network