get app
inews
Aa Read Next : Anggaran KPU Minim Dari Pemda, Pelaksanaan Pilkada Mamasa Terancam Tertunda

Pengusulan Demmatande Jadi Pahlawan Nasional Terus Digodok

Senin, 06 Mei 2024 | 19:52 WIB
header img
Tim pengusulan pahlawan Demmatande, melakukan presentase di Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat.

iNews.id - Perjuangan pengusulan    Pahlawan Demmatande, menjadi Pahlawan Nasional terus di godok, Senin (6/5) siang tim pengusulan melakukan presentase di Kantor Dinas Sosial  Provinsi Sulawesi Barat. 

"Hari ini kali kedua kami melakukan presentase terkait kelengkapan administrasi pengusulan Pahlawan Demmatande, jadi pahlawan nasional kepada Dinas Sosial Pemrov Sulbar," ungkap, Asrul, tim kerja sekertariat pengusulan Pahlawan Demmatande.

Ia berharap Pemprov Sulbar segera mengusulkan dokumen tersebut untuk ditindak lanjuti ke TP2GD selanjutnya di usulkan ke tingkat nasional.

"Semoga pemerintah betul-betul serius dalam pengusulan ini agar harapan ribuan masyarakat Sulawesi Barat khusunya masyarakat Mamasa terakomodir," ujar Asrul.

Sebelumnya pada bulan November 2023 lalu, Pemuda Panca Marga Sulawesi Barat menggelar Seminar Nasional pengusulan Demmatande, sebagai Pahlawan Nasional. Kegiatan tersebut, berlangsung di Aula Gereja Toraja Mamasa (GTM), Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah akademisi, termasuk beberapa profesor dan dosen dari berbagai kampus ternama di Indonesia. Kegiatan tersebut  juga hadiri  Forkopimda serta sejumlah tokoh adat Mamasa dan ribuan masyarakat Mamasa.

Seminar Nasional tersebut  merupakan salah satu dari berbagai agenda di tingkat daerah untuk marajuk pandangan dan pendapat, tentang pengusulan Demmatande sebagai Pahlawan Nasional. 

Demmatande, dikenal  sebagai tokoh pejuang pra-kemerdekaan tahun 1914 di Kabupaten Mamasa yang dengan gagah berani melawan agresi Belanda.

Demmatande adalah sosok pejuang tanpa pamrih yang berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan daerahnya menghadapi penjajah kolonial Belanda.

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut