get app
inews
Aa Read Next : Anggaran KPU Minim Dari Pemda, Pelaksanaan Pilkada Mamasa Terancam Tertunda

Tokoh Adat Mamasa Berharap Pemprov Sulbar Serius Mengusulkan Demmatande Jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 09 Mei 2024 | 16:35 WIB
header img
David, salah satu tokoh adat Mamasa saat melakukan penyambutan kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Mamasa (Foto : Ist)

MAMASA, iNews.id - Perjuangan pengusulan Pahlawan Demmatande menjadi Pahlawan Nasional masih terus dilakukan.  Saat ini kelengkapan administrasi pengusulan sudah berada di Dinas Sosial Provinsi Sulbar yang selanjutnya akan berikan ke Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD).

Terkait hal itu tokoh adat Mamasa berharap pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan semua pihak terkait, serius  mengusulkan dokumen persyaratan pahlawan tersebut hingga ke tingkat pusat.

"Sebagai toko masyarakat Mamasa tentu sangat berharap keseriusan semua pihak terkait  pengusulan ini khusunya Pemprov Sulbar sebagaimana mekanisme aturan yang ada. Kasian sebagai tokoh pejuang pra-kemerdekaan di  Kabupaten Mamasa yang dengan gagah berani melawan agresi Belanda dan rela mengorbankan nyawanya demi mempertahan tanah leluhurnya deri penjajah namun hingga saat belum dikenal banyak orang,"ungkap David, salah satu tokoh adat Mamasa Kamis, (8/5/2023).

Lebih lanjut ia juga menyampaikan saat kunjungan Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu ke Kabupaten Mamasa ia sempat menyampaikan kisah perjuangan Pahlawan Demmatande, kepada Staf Kepresidenan yang hadir.

"Ada beberapa dokumen kisah perjuangan Pahlawan Demmatande, saya sudah sampaikan ke staf presiden waktu kunjungan ke Mamasa,"katanya.

Sebelumnya pada bulan November 2023 lalu, Pemuda Panca Marga Sulawesi Barat menggelar Seminar Nasional pengusulan Pahlawan Demmatande, sebagai Pahlawan Nasional. Kegiatan tersebut, berlangsung di Aula Gereja Toraja Mamasa (GTM), Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa.

Kegiatan itu menghadirkan sejumlah akademisi, termasuk beberapa profesor dan dosen dari berbagai kampus ternama di Indonesia serta Forkopimda tokoh adat, tokoh pemuda dan ratusan masyarakat Mamasa.

Seminar Nasional tersebut  merupakan salah satu dari berbagai agenda di tingkat daerah untuk merajut  pandangan dan pendapat, tentang pengusulan Demmatande sebagai Pahlawan Nasional.

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut