Logo Network
Network

Waspada, 2 Warga Polman Korban Pesan WhatsApp Link Mobile Banking, Ratusan Juta Terkuras di Rekening

Huzair Zainal
.
Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:28 WIB
Waspada, 2 Warga Polman Korban Pesan WhatsApp Link Mobile Banking, Ratusan Juta Terkuras di Rekening
Waspada,Kasus penipuan link mobile banking ratusan juta rupiah raih dari rekening korban: Foto Ilustrasi. INews.id.

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman id -Kejahatan tekhnologi lewat pesan singkat kian merajalela dan mengintai siapa saja, termasuk dua orang warga Polman yang melaporkan kasus yang dialami ke Mapolres Polewali Mandar.

Dimana kedua korban tertipu pesan whatsApp untuk membuka link mobile bangkin yang dikirim pelaku ke nomor Ponsel korban yang justru menguras isi rekening miliknya hingga ratusan juta rupiah.

Dua korban tak lain warga Polman kenjadi korban kejahatan tekhnologi yang dilakukan pelaku pada bulan juli-november 2022, dimana pesan Whatsapp tersebut meminta korban agar mengklik link yang dikirim pelaku.

Isi pesan singkat pemberitahuan tersebut dimana ada nya perubaha data atau sejenisnya untuk meningkatan keamana bagi pengguna mobile banking sala satu bank.

Ironisnya modus tersebut justru dimanfaatkan pelaku untuk mendapatkan kode OTP agar bisa membuka mobile banking rekening milik korban dan melakukan transfer setelah mengisi link tersebut.

Hal ini disadari saat korban mengecek saldo rekening miliknya yang ternyata telah hilang hingga mencapai ratusan juta rupiah, dimana dua korban kehilangan dana Rp 150.000.000 ( seratus lima puluh juta) dan satu korban lagi mengaku kehilangan Rp 50.000.000  ( lima puluh juta ).

Kasus pembobolan rekening lewat notifikasi pemberitahuan lewat pesan singkat ini pun telah ditangani sat reskrim polres Polewali Mandar.

" IPTU I Gusti Bagus Wardana, kasat Reskrim polres Polman yang ditemui awak media membenarkan kasus tersebut dan saat ini tim nya telah berkoordinasi dengan  Mabes Polri terkait kejahata cyber crime yang lagi marak saat ini.

Adanya kasus ini juga kasat Reskrim menghimbau pada warga agar lebih berhati hati saya menerima pesan baik lewat SMS ataupun pesan Wasthaap yang meminta mengisi otp dengan modus pergantian atau pembaharuan sistim apalagi berbihungan dengan aplikasi perbankan.seperti mobile bangkin atau sejenisnya. "

Saat ini laporan kejatahan It yang diterima polres Polewali mandar baru dua korban dengan total kerugian mencapai ratusan juta rupiah .

Editor : Huzair.zainal

Follow Berita iNews Polman di Google News

Bagikan Artikel Ini