Logo Network
Network

Indra Penciuman Hilang Gegara Kanker Sinus, Wanita Ini Tumbuhkan Hidung Baru di Tangan

Berlianto
.
Senin, 14 November 2022 | 12:16 WIB
Indra Penciuman Hilang Gegara Kanker Sinus, Wanita Ini Tumbuhkan Hidung Baru di Tangan
Indra penciuman hilang gegara kanker sinus, wanita ini tumbuhkan hidung baru di tangan. Foto: The mIrror

PRANCIS, iNewsPolman.id - Seorang wanita harus kehilangan hidung gara-gara idap penyakit kanker sinus. Namun, kini wanita bernama Cecile itu berhasil menumbuhkan hidung baru di tangannya.

Pengangkatan hidung di wajah itu terpaksa dilakukan setelah wanita yang tinggal di Toulouse Prancis pada tahun 2013. Kala itu, kanker sinus yang dideritanya sudah sangat parah.

Operasi 9 tahun lalu itu memang berhasil menghilangkan kanker. Meski begitu, dampaknya adalah Cecile harus kehilangan indra penciumannya.

Mengutip dari The Mirror, sebelum perawatan kankernya, dokter telah membuat hidung yang dibuat khusus menggunakan biomaterial cetak 3D dan menyimpannya di atas es sampai teknologi mampu melakukannya.

Namun tahun ini, mereka dapat menanamkan hidung baru itu di bawah kulit tangan, di mana sel dan pembuluh darah tumbuh akan ke dalam perangkat tersebut selama dua bulan.

Setelah itu, hidung baru itu akan kembali ditanamkan ke wajah dan pembuluh darah di dalamnya menempel di pelipisnya.

Cecile yang berusia 50 tahun mengaku senang bisa mendapatkan hidung baru, terutama karena sekarang dia bisa bernapas lebih baik dan mencium aroma kebunnya.

"Sekarang saya bisa keluar, saya hidup kembali," ujar Cecile kepada The Mirror, Senin (14/11/2022).

Follow Berita iNews Polman di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini