get app
inews
Aa Read Next : Polsek Alu Sukses Mediasi Kasus Penganiayaan di Desa Kalumammang

Sekda Bebas Manggazali Ulang Tahun ke-60: Doa Terbaik Tercurah dari Banyak Kalangan

Sabtu, 08 Juni 2024 | 22:25 WIB
header img
Sekda Bebas Manggazali berulang tahun .banyak yang tutup harapan dan berikan ucapan

POLEWALI MANDAR iNewsPolman.id -- Sekretaris Daerah Polewali Mandar (Polman) Andi Bebas Manggazali berulang tahun ke-60, hari ini. Pria yang terkenal humble ini muncul sebagai fenomena unik di Polman. 

Ibarat menaiki anak tangga, Bebas yang sebelumnya Camat Luyo hingga Sekda Polman.

Bermula dari menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Irigasi dan Rawa Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat, berlanjut jadi Camat Luyo, hingga menjadi pucuk tertinggi Aparatur ipil Negara (ASN) di Polman, yaitu menjadi Sekda hingga saat ini.

Andi Bebas Manggazali sudah menjalani karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 30 tahun. Sempat dinonaktifkan sebagai Sekda di akhir masa jabatan Bupati Polman Periode 2018-2023, Andi Ibrahim Masdar pada Januari 2024 lalu, Bebas Manggazali kembali memegang jabatan tersebut setelah keluarnya rekomendasi pembatalan SK pencopotan dirinya dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). 

Ia pun mulai berkantor di Kantor Bupati Polman sejak 16 April 2024 lalu dan memasuki masa pensiun sebagai ASN pada September 2024 mendatang. 

Pengabdian panjang yang penuh lika-liku membuat Andi Bebas ingin berbuat lebih banyak di tanah kelahirannya itu. Dia pun meyakinkan tekadnya untuk turut bertarung pada Pilkada Polman tahun ini. 

Bebas Manggazali lahir di Polman pada 8 Juni 1964. Hari ini usianya genap 60 tahun. Di momen spesial ini, sejumlah kerabat, politisi maupun pejabat memberikan doa dan ucapan selamat kepadanya.

Salah satunya datang dari Sahabuddin M Sunusi. Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan eks legislator Polman ini mendoakan Bebas agar senantiasa diberikan kemudahan dalam segara urusannya.

"Semoga kegembiraan, kejutan besar, cinta, dan kebahagiaan mengelilingi Ir Bebas Manggazali di hari istimewa ini dan tahun-tahun mendatang," ucapnya, Sabtu 8 Juni 2024.

Sunusi, yang juga tengah mencalonkan untuk maju pada Pilkada Polman 2024 ini sebelumnya menyampaikan memiliki kedekatan dengan Andi Bebas Manggazali. Ia dan bebas layaknya adalah saudara kandung. 

Selain M Sunusi, ucapan dan doa juga datang dari sejumlah masyarakat Polewali Mandar. Amirullah mengungkapkan ucapan selamat hari ulang tahun kepada Bebas Manggazali.

Ia juga  mendoakan agar Andi Bebas Manggazali bisa menjadi pemimpin di daerah ini. Ia mengaku sosok bebas dianggap bisa membawa perubahan daerah ini ke arah lebih baik.

"Saya berharap Pak Bebas Manggazali bisa memimpin Polewali Mandar sehingga Polewali Mandar bisa lebih maju," harapnya.

Bebas Manggazali  lahir di Polewali Mandar pada 8 Juni 1964. Ia mengenyam  Pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Polewali. 

Strata satu (S1) Bebas mengambil konsentrasi Agronomi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan magister (S2) Tata Lingkungan dan Perkotaan di PPs Unhas (2012).

Sederet karir mentereng yang pernah diembannya sebelum menjabat sebagai Sekda Polman.

Bebas pernah menjadi Pj Kepala Desa dan Camat di Kecamatan Luyo. Sebagai catatan, Bebas juga pernah jadi karateker Bupati Mamuju dan PLt Bupati Mamasa. 

Lalu Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat. Tepatnya 2019, Bebas  mendapat amanat sebagai sekda Polman di masa kepemimpinan Andi Ibrahim Masdar.

Kini, Bebas tengah mencalonkan diri untuk maju sebagai calon bupati Polman. Itu ditunjukkan setelah mengikuti sejumlah prosesi penjaringan di partai Politik.

Adapun visi yang diusung Andi Bebas di antaranya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat, khususnya di perdesaan

Adapun misi yang diemban yakni mewujudkan peningkatan kualitas manusia yang unggul, mewujudkan sarana dan prasarana kawasan perkotaaan Polewali yang tertata, maju dan berkelanjutan.

Di samping itu, ia bertekad mewujudkan struktur perekonomian yang inklusif dan berdaya saing, mewujudkan penguatan pemberdayaan ekonomi lokal perdesaan, dan mewujudkan trasnformasi pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan.

Berbekal segudang pengalamannya di pemerintahan, Andi Bebas meyakini mampu mewujudkan visi dan misinya itu jika diberi kesempatan untuk menjadi nakhoda Kabupaten Polewali Mandar. 

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut