get app
inews
Aa Read Next : Unjuk Rasa Pengadaan Alkes, Kejari Akan Turun Lakukan Penyelidikan Ke Rumah Sakit

Kapal Over Kapasitas, Ratusan Penumpang Hendak Ke Kalimantan Batal Berangkat

Rabu, 17 April 2024 | 22:03 WIB
header img
Ratusan pemudik tertahan di pelabuhan Silopo sejak Hari Selasa akibat kapal Over Kapasitas. Foto istimewa iNewsPolman.id.

POLEWALI MANDAR,iNewsPolman.id -Akibat kapal over kapasitas, ratusan penumpang di pelabuhan Silopo Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat tertahan selama dua hari hingga ratusan penumpang nginap om.

Beginilah kondisi ratusan penumpang di pelabuhan silopo, Kecamatan Binuang Polewali Mandar yang  batal berangkat ke kota baru kalimantan selatan akibat kapal yang sedianya mengangkut mereka telah over kapasitas.

Sejumlah penumpang terlihat menempati pelataran pelabuhan bahkan di samping gedung beberapa ruangan petugas juga dipenuhi para pemudik.

Sejumlah pemudik mengaku kecewa lantaran petugas terlambat memberikan informasi kepada mereka padahal mereka telah datang sejak Selasa pagi bahkan ada yang datang sejak subuh.

Sejumlah penumpang bahkan terpaksa harus kembali kerumahnya yang masih berada di Polewali Mandar lantaran belum ada kepastian dari pihak syahbandar kapan lagi ada pemberangkatan.

Namun ada pula berusaha bertahan tetap tinggal lantaran jauh dari rumah mereka, dan bertahan selama dua hari lamanya.

Salah satu penumpang dari Makassar bernama Zaenal mengaku, "Sengaja datang ke pelabuhan Silopo lantaran tiket kapal di Makassar sudah ludes, selain itu harga tiket juga murah apalagi Zaenal membawa seluruh keluarganya.

Berbeda lagi dengan penumpang asal  kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, Sadariani mengaku memili berangkat ke Kalimantan lewat jalur pelabuhan. Silopo lantaran jadwal pemberangkatan kapal di Pelabuhan Pare-Pare pada tanggal (21/04/2024).

Menurut Petugas syahbandar pelabuhan Silopo, Iffah Kartini, melonjak nya pemudik lebaran tahun membuat kapal over kapasitas.

Diketahui kapal sabuk Nusantara 93 pada Selasa pagi terlihat tidak bersandar di dermaga dan hanya berlabuh diluar dermaga. Hal ini dilakukan oleh petugas sebab jika bersandar bisa saja para penumpang berebutan naik keatas kapal meskipun telah over kapasitas.

Data manifest pelabuhan silopo tercatat sebanyak 310 penumpang saat ini batal berangkat. Sebelumnya, kapal sabuk Nusantara telah menaikkan sebanyak 450 penumpang di pelabuhan passarang kabupaten Majene sedangkan Kapasitas kapal hanya.mampu mengangkut penumpang sebanyak 450.

Untuk mengatasi hal ini, Pihak syahbandar telah berkomunikasi dengan pihak dirjen perhubungan laut untuk menambah kapal cadangan. Pihak syahbandar menghimbau kepada penumpang agar menunggu kapal berikutnya yang rencananya akan tiba di pelabuhan silopo pada rabu malam ini.

Kapal sabuk nusantara 93 merupakan kapal perintis yang bersandar setiap sembilan hari di pelabuhan silopo. Kapal ini melayani rute pelabuhan Silopo dengan tujuan Kota Baru Kalimantan Selatan selama arus mudik dan arus balik lebaran. Kapal ini merupakan pelayaran pertama arus balik lebaran pasca hari idul fitri 1445 Hijriah.

Editor : Huzair.zainal

Follow Berita iNews Polman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut