get app
inews
Aa Read Next : Atlet Panahan PPLP Sulbar raih Perunggu di Kejurnas Panahan PPLP/D dan SKO 2024 di Samarinda

Pemda Mamasa Bayarkan Honor Nakes Hanya 3 Bulan

Jum'at, 03 November 2023 | 18:31 WIB
header img
Puluhan nakes melakukan demo di kantor Bupati Mamasa menuntut honor mereka dibayarkan (Foto :Ist)

MAMASA, iNewsPolman.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat baru membayarkan honor tenaga kesehatan (nakes) 3 bulan, sementara honor nakes yang tak terbayarkan sudah hampir setahun.

“Katanya uangnya sudah ada tetapi belum ditransfer ke rekening bendara dinkes, mungkin hari Senin baru bisa kami ambil.  Yang akan dibayarkan baru tiga bulan”ungkap salah satu nakes yang tidak ingin disebut namanya saat dikonfirmasi, Jumat siang (3/11/2023).

Pada Senin 30 Oktober dan Kamis 2 November 2023 ratusan nakes menggelar unjuk rasa mendatangi Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Kantor Bupati Mamasa menuntut honor mereka yang selama ini diabaikan pemerintah daerah.

Saat pertemuan dengan Pj. Bupati Mamasa, salah satu nakes menyampaikan tuntutannya sambil meneteskan air mata mereka mengaku sudah berbulan-bulan mengabdikan diri namun honor mereka tak pernah dibayarkan.

“Kami menuntut honor kami yang sejak bulan Oktober tahun 2022 tidak dibayarkan selain itu pengklaiman BPJS juga kami tidak perna terimah sejak Juni 2022 sampai sekarang. Jumlah honor kami sebulan sebesar 700 ribu rupiah. Dengan tidak dibayarkannya honor kamis selama berbulan-bulan, banyak nakes terpaksa harus minjam uang bunga untuk menutupi kebutuhan sehari-hari,” tutur Rae Lestari, salah satu nakes kepada sejumlah media usai melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah.

Setelah melakukan aksi demo selama dua hari akhirnya pemerintah daerah Kabupaten Mamasa  membayarkan honor tenaga nakes. Meski demikian honor yang dibayarkan baru tiga bulan selebihnya belum dibayarkan.

Pemerintah daerah beralasan honor nakes tidak dibayarkan akibat ketiadaan anggaran.

“Kami sudah menemui tenaga nakes, memang kami agak terlambat membayarkan honor mereka karena ketiadaan keberadaan keuangan sehingga terlambat. Kami sudah sepakat bahwa besok akan dibayarkan namun dengan melihat kondisi anggaran yang bisa hanya tiga bulan duluh,”kata Pj. Bupati Mamasa Yakub F Solon, usai menemui  sejumlah nakes yang melakukan unjuk rasa di Kantor Bupati Mamasa, Kamis siang (2/11) kemarin.

 

Editor : Huzair.zainal

Follow Berita iNews Polman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut