get app
inews
Aa Read Next : PHS Dapat Surat Penugasan DPP Partai Golkar Maju Pilkada Gubernur Sulbar

Bertempat di Menara Pinisi UNM, Hasto Kristiyanto dan PHS Gaungkan Poros Maritim 2045

Senin, 06 Maret 2023 | 19:03 WIB
header img
Kuliah Umum Bertajub Gaungkan Poros Maritim 2045. Bersama Hasto Kristiyanto Dan Prof Husain Syam , Bertempat di Menara Pinisi UNM ,senin (06/03/2023).

MAKASSAR, iNewsPolman.id -Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, memberikan kuliah umum kebangsaan di Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin 6 Februari 2023.

Sebagai dosen tamu, Hasto memberikan kuliah umum dengan tema “Reaktualisasi Pemikiran Bung Karno saat Ini menyongsong Indonesia emas 2045 sebagai Poros Maritim Dunia”.

Dalam sambutannya, Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, menuturkan, dimana dirinya mewakili seluruh civitas akademika UNM, kehadiran Sekjen PDI Perjuangan merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan.


Hasto Kristiyanto disambut rektor UNM Prof Husain Syam
 

Hasto Kristiyanto Bersama PHS keduanya Terlihat Akrab

"Wajar dan pantas UNM menjadi rumah besar pemerintah. Untuk itu UNM berkomitmen untuk selalu membantu dengan 51.000 mahasiswa," ujar pria yang akrab disapa PHS ini.

Sesuai tema yang diangkat, yakni menggelorakan semangat Bung Karno menjadi inspirasi bagi seluruh sejarah pergerakan pemuda di Indonesia. Sehingga dirinya mulai membangun poros maritim yang dimulai dari Menara Pinisi.

"Pemikiran Bung Karno ini sungguh luar biasa dan bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah," kata Prof Husain Syam.

Selain itu, kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang politik dan kebangsaan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang diskusi yang produktif dan memberikan inspirasi baru bagi mahasiswa dan masyarakat Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Prof Husain Syam juga berharap kehadiran Sekjen PDI Perjuangan dapat lebih mempererat hubungan antara UNM dan PDI Perjuangan, serta memperkuat sinergi antara akademisi dan politisi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang diskusi yang produktif dan memberikan inspirasi baru," tandasnya.

Sementara Sekjen PDIP Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M di awal kuliah umumnya menyerukan salam Pancasila. Menurutnya, Prof Husain Syam memiliki prestasi yang sangat membanggakan hingga ke tingkat nasional dan punya komitmen membangun poros maritim sesuai pemikiran Bung Karno.

Hasto mengatakan, sesuai ilmu Bung Karno, PDIP tidak pernah membeda - bedakan kaum pria dan wanita dalam membangun bangsa.

Ketika berbicara di setiap kampus, dirinya selalu menyerukan kemampuan intelektual harus dapat mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dari Menara Pinisi (UNM) kita mulai melahirkan pemimpin yang berkualitas dan berintelektual dan menguasai teknologi serta membangun poros maritim," cetusnya.

Tentunya hal itu dimulai dari membangun sikap atau kultur kedisiplinan untuk mengakselerasi pengembangan atau tradisi intelektual.

"Jadi rajin - rajinlah membaca untuk mencari inspirasi, mencari tahu sejarah perjuangan Bung Karno yang sangat menginspirasi serta selalu berpikir apa yang menjadi masalah rakyat," kata Hasto.


Saat Hasto Kristiyanto Bersama Prof Husain Syam Rektor UNM Membawakan Kuliah Umum dihadapan Ribuan Peserta.

Selain dihadiri ratusan mahasiswa, hadiri pula Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dan Rektor UIN Prof. Hamdan Juhannis M.A, Ph. D, legislator PDI Perjuangan, Wakil Bupati Gowa dan undangan lainnya.

 

Editor : Huzair.zainal

Follow Berita iNews Polman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut