Ini Alasan Mengapa Petani, Peternak dan Nelayan di Polman Memilih Coblos Nomor 2

Huzair zainal
Dukungan Dari peternak,nelayan hingga petani untuk BESTI.

POLEWALI MANDAR,iNewsPolman.id – Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2, Andi Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati mendapat dukungan kuat dari mayoritas petani, peternak dan nelayan di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. 

Hal itu terbukti dari tingginya animo masyarakat menghadiri kampanye pasangan yang dikenal peduli dan dekat masyarakat selama beberapa hari terakhir. Banyak dari kalangan petani, peternak serta nelayan menaruh harapan kepada pasangan Andi Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati karena diyakini mampu mewujudkan harapan mereka. 

Keyakinan masyarakat karena menganggap hanya sosok pasangan ini yang memahami segala permasalahan dan potensi daerah dengan latar belakang dan modal pengalaman dimiliki sebagai seorang birokrat tulen. 

Di antara program yang ditawarkan Andi Bebas dan Siti Rahmawati dengan tagline ‘Membangun Desa Menata Kota’ ini pun mampu menggaet dukungan, karena dianggap sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat . 

*1. Petani* 

Dukungan petani hampir dari semua kecamatan yang ada di Polman. Terbaru, datang dari Kecamatan Tutar. Di daerah ini, ada ratusan petani di desa itu rela meninggalkan pekerjaan demi mendengar visi dan misi Andi Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati. 

Di hadapan BESTI (sebutan Bebas-Siti), warga menyampaikan aspirasinya terkait infrastruktur jalan merupakan faktor utama bagi masyarakat Kecamatan Tutar. Sebab, dengan kondisi jalan mulus berkontribusi kelancaran perekonomian warga yang mayoritas petani. 

​​​​“Kalau kita pemilih cerdas, betul-betul memilih pemimpin mengetahui Polman, maka keliru jika tidak memilih Bebas-Siti,” kata Aco Jabbar, salah seorang tokoh masyarakat di daerah itu. Andi Bebas Manggazali diyakini mampu membenahi infrastruktur jalan di kecamatan itu. 

Selain jalan, BESTI juga akan meningkatkan hasil produksi pertanian dan mendorong pembangunan pengolahan kakao. Hasil kakao selama ini dijual ke beberapa daerah dalam bentuk biji kering kurang maksimal, sehingga nilai jualnya tergolong rendah. 

“Makanya masyarakat belum berada pada level sejahtera, karena mereka hanya menjadi objek bukan pelaku usaha,” katanya Sisi lain, harga biji kakao yang tidak stabil menyebabkan permasalahan tersendiri bagi para petani kakao di desa tersebut.

*2. Peternak* 

Dukungan peternak salah satunya datang dari Kecamatan Wonomulyo. Ratusan peternak dan petani berkomitmen satu suara untuk memenangkan pasangan nomor 2 pada 27 November mendatang. Komitmen itu diungkapkan saat menghadiri kampanye Andi Bebas Manggazali pada, Kamis 3 Oktober 2024 siang. “

Kami yang hadir disini mendukung sepenuhnya bapak Ir Bebas Manggazali,” ucap seorang masyarakat, Mubani. Warga berkeyakinan pasangan ini mampu membawa perubahan besar bagi Kabupaten Polman, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas masyarakat petani dan peternak. 

*3. Nelayan* 

Bebas-Siti juga mendapatkan dukungan nelayan di Polewali Mandar. Hal itu terbukti saat melakukan silaturahmi di Desa Karama beberapa waktu lalu. Ratusan nelayan turut hadir menyambut pasangan nomor dua ini dengan menitip sejumlah harapan. 

Di hadapan ratusan masyarakat, pria yang pernah menjabat sebagai karateker Bupati Mamuju dan Mamasa ini mengaku banyak sumberdaya yang bisa dimaksimalkan untuk kemajuan Polman. “Polman memiliki sumber daya laut yang cukup luar biasa yang bisa dikelola dengan baik demi kesejahteraan para nelayan,” ucapnya. 

Namun sayangnya, selama ini tidak dikelola dengan baik, sehingga tidak mampu mengangkat derajat para nelayan di Polman. “Bagaimana mau mengembangkan perikanan kalau yang menjabat di dinasnya saja saat ini bukan perikanan. Sehingga tidak bisa berbuat sesuai dengan job,” kata Bebas menanggapi keluhan para nelayan. 

Ayah empat anak ini berjanji jika diberikan amanah nanti, akan memperjuangkan kesejahteraan para nelayan. Salah satunya dilakukan perbaikan struktur manajemen di pemerintahan. Ia mencontohkan akan menempatkan pejabat atau kepala dinas sesuai dengan kompetensi bidang keahlian dengan mengutamakan disiplin ilmunya. 

Sebelumnya, masyarakat nelayan Desa Karama menyampaikan keluhannya kepada Bebas terkait kondisi nelayan saat ini, khususnya di Desa Karama. Ia menitip harapan kepada pasangan Besti jika terpilih sebagai Bupati dan wakil Bupati Polman agar memprioritaskan nasib para nelayan. 

“Tolong diperhatikan pelaut dan nelayan di sekitar pesisir khususnya di Polman. kalau ada investor tolong diangkat masalah perikanan. Ikan kita sangat luar biasa ikan tuna, telur ikan,” ucap warga.

Editor : Huzair.zainal

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network