get app
inews
Aa Read Next : Pengawasan Ketat Polres Polman, KPU dan Bawaslu Jadi Fokus Pengamanan

Partisipasi Masyarakat Didorong dalam Musrenbang Desa Ratte untuk Rencana Pembangunan 2025

Rabu, 02 Oktober 2024 | 19:49 WIB
header img
Aipda Marchelius, dalam sambutannya, menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id – Bhabinkamtibmas Desa Ratte, Aipda Marchelius, hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) yang digelar di Dusun Suppungang, Desa Ratte, Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar), Kabupaten Polewali Mandar pada Rabu (2/10/24).

Musrenbang ini bertujuan untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2025.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Tubbi Taramanu yang diwakili oleh Kasie Pemerintahan Abdullah, Kepala Desa Ratte Habri, perwakilan BKKBN Kecamatan Tutar Muslim, Pendamping Desa Khaidir, para kepala dusun, Ketua BPD Hasir, petugas kesehatan, para kader desa, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolsek Tutar Ipda Bafruddin yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Ratte, Aipda Marchelius, menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa program yang akan dijalankan ke depan dapat menjawab kebutuhan dan aspirasi warga,” tegasnya.

Selain itu, Aipda Marchelius mendorong warga untuk tidak ragu memberikan masukan terkait program-program prioritas yang diusulkan, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan.

"Musrenbang ini adalah kesempatan bagi warga untuk menentukan arah pembangunan desa kita. Kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan pembangunan ke depan," tambahnya.


Para peserta Musrenbang terlihat aktif menyampaikan usulan, berharap bahwa aspirasi mereka dapat diakomodasi dalam rencana kerja pemerintah desa tahun depan.

Musyawarah ini juga menjadi ajang diskusi untuk membahas isu-isu strategis lainnya yang menyentuh kesejahteraan masyarakat. Dengan masukan dari berbagai pihak, diharapkan RKPDesa yang dihasilkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup warga Desa Ratte.

Dalam sesi diskusi, berbagai topik menjadi fokus pembahasan, termasuk perbaikan akses jalan di daerah terpencil, peningkatan fasilitas kesehatan, serta upaya meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak desa.

Para peserta Musrenbang terlihat aktif menyampaikan usulan, berharap bahwa aspirasi mereka dapat diakomodasi dalam rencana kerja pemerintah desa tahun depan.

Kepala Desa Ratte, Habri, menyampaikan bahwa sinergi antara masyarakat dan pemerintah desa sangat dibutuhkan agar pembangunan dapat berjalan sesuai harapan.

"Kami berharap, dengan Musrenbang ini, kita dapat merumuskan program yang benar-benar memberikan manfaat dan membawa perubahan nyata bagi desa kita," ujar Habri.

Musrenbang Desa Ratte tahun ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari warga dalam berpartisipasi aktif demi masa depan desa yang lebih baik.

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut