get app
inews
Aa Read Next : Harmonisasi Elit Mamasa Retak, Pimpinan DPRD Tiba Tiba Geram Soal Kinerja PJ Bupati Mamasa

Ribuan Orang Tumpah Ruah ke Jalan Mengantar Jenazah Obednego Depparinding Dimakamkan

Sabtu, 16 September 2023 | 21:20 WIB
header img
Ribuan Orang Tumpah Ruah ke Jalan Mengantar Jenazah Obednego Depparinding Dimakamkan (Foto : Frendy)

MAMASA, iNews_Polman.id-Ribuan warga Mamasa, Sulawesi Barat tumpah ruah ke jalanan mengantar jenazah mantan Bupati Mamasa, Obednego Depparinding ke pemakanan, Jumat (15/9/2023) kemarin.

Meski berjalan kaki mengusung jenazah sejauh kurang lebih 10 kilo meter namun tak menyurutkan semangat ribuan orang untuk terus berjalan mengusung jenazah ke lokasi pemakaman yang berada di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa.

"Kalau kita lihat ada ribuan bahkan belasan ribu orang yang hadir, karena saat jenazah almarhum diusung memasuki kota Mamasa semua warga sudah menuggu jalan raya. Setiap rute yang kita lalui tertutup total karena begitu banyak warga yang mengantar jenazah almarhum," ujar Reski, salah satu warga yang sempat dikonfirmasi.

Teriakan warga saat mengusung jenazah dengan bentangan kain merah sepanjang jalan kota berbalut tradisi adat masyarakat Mamasa mengantarkan Jenazah Obed menuju pemakaman.

Obednego Depparinding sendiri merupakan mantan Bupati Mamasa dan juga anggota DPRD Sulawesi Barat dari partai Perindo selain itu ia juga merupakan Ketua Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara di Kabupaten Mamasa

Almarhum Obed meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Makassar, jenazahnya kemudian dibawah ke Mamasa lalu diupacarakan secara adat dan tradisi masyarakat Mamasa yang dikenal dengan acara "Pa'tomatean," atau upacara kematian.

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut