get app
inews
Aa Read Next : Penuhi Undangan Maulid, Bebas Manggazali Bantu Renovasi Masjid di Binuang

Bakar Sampah Sebabkan Kebakaran Lahan, Warga Desa Rea Panik

Minggu, 23 Juli 2023 | 20:04 WIB
header img
Kebakaran lahan di desa Rea pada Minggu (23/07/2023). Foto. UPTD Damkar Polewali Mandar

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id -Diduga ada warga yang bakar sampah menyebabkan kebakaran lahan semak belukar seluas kurang lebih 1 hektare di Desa Rea, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar pada Minggu sore (23/07/2023). 

Kebakaran lahan kosong yang terjadi tepat di pinggir ruas jalan trans barat Sulawesi ini sempat membuat panik warga sekitar.

Lokasi kebakaran lahan kosong yang penuh semak belukar kering ini berada tepat di samping pemukiman warga, sehingga membuat api dengan cepat merembet dan melahap seluruh lahan dan mendekati rumah warga.

Kencangnya tiupan angin dan cuaca yang begitu panas membuat api cepat membesar dan hampir seluruh lahan ludes terbakar seluas kurang lebih 1 hektare.

Beruntung petugas pemadam kebakaran Polewali Mandar dengan sigap berada di lokasi dan menerjunkan sebanyak 4 armada mobil pemadam  dan 18 petugas damkar

Menurut kepala UPTD Damkar Polman, Muh Imran proses pemadaman dilakukan hampir dua jam lamanya. "Ini karena mengingat kondisi lokasi yang dekat pemukiman sehingga petugas berusaha mencegah api meluas," tuturnya.

"Kebakaran ini akibat adanya oknum warga yang membakar sampah di lahan kosong tersebut sehingga api cepat merembet, terlebih lagi kondisi kemarau saat ini lahan sekitar alami kekeringan dan mudah terbakar," lanjutnya.

UPTD Damkar Polman mengimbau warga agar tetap waspada kebakaran, terlebih lagi saat ini telah memasuki musim kemarau.

"Kami minta warga agar tidak sembarang membakar sampah apalagi dekat lahan yang banyak rumput keringnya," tutup, Muh Imran. 

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut