Polisi Gelar Penyuluhan Pencegahan Perundungan di SMK YPPP Wonomulyo

BasriBas
Panit 1 Reskrim Polsek Wonomulyo, Iptu Basrowi, menggelar penyuluhan di SMK YPPP Wonomulyo.

POLEWALI MANDAR,iNewsPolman.id – Polsek Wonomulyo terus memperkuat upaya pencegahan perundungan di lingkungan sekolah. Kapolsek Wonomulyo AKP Sandy Indrajatiwiguna melalui Panit 1 Reskrim Polsek Wonomulyo, Iptu Basrowi, menggelar penyuluhan di SMK YPPP Wonomulyo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK YPPP, para guru, serta siswa. Pada Sabtu (21/9/2024),

Dalam penyuluhannya, Iptu Basrowi menggarisbawahi pentingnya pemahaman siswa mengenai perundungan (bullying), dimulai dari definisi, bentuk-bentuk yang sering terjadi di lingkungan sekolah, hingga dampak psikologis yang dialami korban.

Menurutnya, perundungan bukan sekadar kekerasan fisik, tetapi juga bisa berupa kekerasan verbal, intimidasi sosial, hingga cyberbullying.

"Tindakan perundungan dapat merusak mental dan kepercayaan diri korban. Kami ingin mendorong siswa untuk berani berbicara dan melaporkan kejadian perundungan kepada pihak berwenang, termasuk kepada guru dan orang tua," ujar Iptu Basrowi dalam penyuluhannya.


Peserta penyuluhan Pencegahan Perundungan, Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK YPPP, para guru, serta siswa. ,

Selain itu, Iptu Basrowi juga berbagi tips bagaimana siswa dapat melindungi diri dari perundungan, seperti memperkuat solidaritas antar teman, tidak terlibat dalam perilaku intimidatif, serta selalu siap melaporkan tindakan tidak pantas kepada pihak yang berkompeten.

"Kami berharap, melalui penyuluhan ini, siswa lebih sadar akan bahaya perundungan dan tidak hanya menjadi penonton. Mereka harus saling mendukung dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman serta nyaman untuk belajar," tambahnya.

Di akhir kegiatan, Panit 1 Reskrim Polsek Wonomulyo itu menegaskan komitmen Polsek Wonomulyo dalam mendukung program pencegahan perundungan demi mewujudkan kesejahteraan anak-anak di wilayah Wonomulyo.

"Kami berkomitmen untuk menjaga agar sekolah menjadi tempat yang aman bagi para siswa," tutup Iptu Basrowi.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa dan guru yang hadir. Kepala Sekolah SMK YPPP Wonomulyo berharap penyuluhan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak terhadap pentingnya memerangi perundungan di sekolah.

Editor : Huzair.zainal

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network