Survei Curva: Syamsu Botutihe Diunggulkan Dampingi Merlan Uloli dalam Pilbup Bone Bolango

Basribas
Merlan Uloli dan Syamsu Botutihe sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bone Bolango (IST)

Bone Bolango, iNewsPolman.id - Hasil survei Curva Survei Indonesia menunjukkan Syamsu Botutihe menjadi figur yang paling dianggap layak mendampingi Merlan Uloli dalam Pilbup Bone Bolango. Pasalnya, dalam simulasi tiga kandidat nama yang paling tepat mendampingi Merlan Uloli, Syamsu T Botutihe berhasil menjadi figur yang paling diunggulkan ketimbang kandidat lainnya.

“Dalam simulasi 3 kandidat pendamping Merlan Uloli, elektabilitas Syamsu T Botutihe menjadi yang tertinggi dengan angka 24,75 persen. Angka tersebut lebih besar dari Ishak Ndoma yang berada pada level 24,50 persen dan Faisal Yunus yang hanya berada pada level 19,50 persen,” kata Direktur Eksekutif Curva Survei Indonesia Hendra Yasin dalam keterangan kepada awak media, Rabu (31/7) kemarin.  

Dalam survei tersebut, simulasi yang memasangkan Merlan Uloli-Syamsu T Botutihe juga berhasil memperoleh angka yang tinggi dibandingkan dengan simulasi yang memasangkan Merlan Uloli dengan kandidat wakil bupati lainnya. Tidak tanggung-tanggung, angka elektabilitas Merlan Uloli-Syamsu Botutihe mencapai jumlah 47,50 persen.

“Elektabilitas pasangan Merlan Uloli-Syamsu T.Botutihe jika dihadapkan dengan pasangan Amran Mustafa-Irwan Mamesah, berada pada angka 47,50 persen. Nilai tersebut hampir dua kali lipat dari angka elektabilitas Amran Mustafa-Irwan Mamesah,” ucap Direktur Eksekutif Curva Survey Indonesia.     

Sebagai informasi, petahana Merlan Uloli masih menjadi kandidat terkuat Bupati Bone Bolango. Angka elektabilitas Merlan sebesar 38,00 persen tersebut melampaui seluruh kandidat lainnya yang rata-rata masih berada pada level 1 – 14 persen. Imbasnya, kubu koalisi politik pendukung calon Bupati dan calon Wakil Bupati Bone Bolango pun diprediksi hanya berjumlah dua poros.  

Sejumlah pihak menilai langkah kemenangan Merlan Uloli akan semakin mudah jika menggandeng Syamsu T Botutihe. Syamsu yang selama 10 tahun terakhir menjadi Anggota DPRD Bone Bolango, dikenal sebagai tokoh Bone pesisir yang memiliki relasi dan jaringan politik yang cukup luas. Modal yang dimiliki Syamsu tersebut dianggap sebagai kekuatan yang akan semakin menopang keterpilihan Merlan Uloli.

Survei Curva digelar di 18 kecamatan Bone Bolango ini berlangsung pada 7 – 10 Maret 2024 lalu. Survei yang menggunakan jumlah sampel sebanyak 400 responden ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar 5 persen.

Editor : Huzair.zainal

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network