get app
inews
Aa Read Next : Darurat DBD di Tutar! Pj. Bupati Polman dan Kapolsek Tinjau Langsung Upaya Penanggulangan

Pj. Bupati Polman Tinjau Langsung Penanganan KLB DBD di Ambopadang

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 19:20 WIB
header img
Pj. Bupati Ilham menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk penyebab DBD

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id – Peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Dusun Ambopadang, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), membuat wilayah tersebut ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Guna memastikan penanganan yang cepat dan tepat, Pj. Bupati Polman, Drs. Muhammad Ilham Borahima, melakukan kunjungan kerja ke Desa Ambopadang, didampingi sejumlah pejabat terkait, termasuk Kapolsek Tutar Ipda Bafruddin yang berkomitmen penuh dalam mendukung langkah-langkah penanganan pada Sabtu (19/10/24).

Dalam kunjungan ini, turut hadir beberapa tokoh penting, di antaranya Kadis Kesehatan Propinsi Sulbar, Dr. Asram; Kadis Kesehatan Kabupaten Polman, Dr. Gunadil; Anggota DPRD Polman, Sarina, A.Md. Keb; serta Kepala BPBD Polman, Sulaeman Makka, MM. Para kepala dusun, tenaga kesehatan, dan pejabat setempat juga terlibat dalam pertemuan penting ini.

Dusun Ambopadang, Desa Ambopadang menjadi perhatian khusus setelah jumlah warga yang terjangkit DBD melonjak hingga 108 orang. Penetapan status KLB ini mendorong Pemkab Polman untuk segera bertindak dengan memperkuat program pencegahan dan penanganan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Ilham menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk penyebab DBD.

“Sosialisasi terus kami galakkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya DBD. Semua pihak harus terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama di daerah yang rawan,” ujar Bupati Ilham.

Tak hanya itu, Dinas Kesehatan Sulawesi Barat juga memberikan bantuan alat fogging yang langsung diserahkan kepada Pemerintah Desa Ambopadang, sebagai langkah konkret dalam memerangi penyebaran nyamuk Aedes aegypti, penyebab DBD.


Polsek Tutar siap membantu dalam pengamanan serta mobilisasi masyarakat untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan yang diinstruksikan pemerintah

Polsek Tutar siap membantu dalam pengamanan serta mobilisasi masyarakat untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan yang diinstruksikan pemerintah

 

Kapolres Polman AKBP Anjar Purwoko, melalui Kapolsek Tutar Ipda Bafruddin, menyatakan dukungan penuh terhadap program penanganan KLB DBD ini.

Kapolsek memastikan jajaran Polsek Tutar siap membantu dalam pengamanan serta mobilisasi masyarakat untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan yang diinstruksikan pemerintah.

“Kami siap mengawal setiap upaya yang dilakukan, termasuk memberikan dukungan keamanan agar masyarakat bisa tenang dan fokus dalam penanganan DBD ini,” tegas Ipda Bafruddin.

Kunjungan ini juga menjadi momentum penting bagi koordinasi antara pemerintah daerah, dinas kesehatan, aparat keamanan, dan masyarakat.

Semua pihak berkomitmen untuk bekerja sama dalam mempercepat penanganan dan mencegah penyebaran DBD lebih lanjut.

Kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan demi memutus rantai penyebaran DBD.

Dengan program yang terencana dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan jumlah kasus DBD di Desa Ambopadang dapat ditekan secara signifikan, sehingga masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan yang lebih sehat dan aman.

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut