get app
inews
Aa Read Next : Paham Kebutuhan Masyarakat, 7 Komunitas di Polman Siap Menangkan BESTI di Pilkada

Menjaga Kearifan Lokal, Dirga-Iskandar Daftar ke KPU Gunakan Bendi dan Diiringi Rebana

Rabu, 28 Agustus 2024 | 23:55 WIB
header img
Pasangan calon Dirga Adhi Putra Singkarru dan Iskandar Muda Baharuddin Lopa saat menuju KPU Gunakan Bendi .

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id --Pasangan calon bupati dan wakil bupati Polewali Mandar, Dirga Adi Putra Singkarru bersama Iskandar Muda Baharuddin Lopa hari ini mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman pada Rabu, (29/8/2024).

Ada yang berbeda dalam acara pendaftaran tersebut, dimana mereka memilih mengendarai bendi berjenis sikopang yang diketahui hampir punah, dan diiringi oleh tabuhan rebana, alat musik tradisional Mandar.

Pilihan menggunakan bendi dan rebana ini tak hanya sebagai bentuk melestarikan budaya lokal yang telah hampir punah tergerus zaman, namun juga menunjukkan kesederhanaan serta dedikasi pasangan Dirga dan Iskandar untuk memprioritaskan kearifan lokal dalam program-program pembangunan yang akan datang. 

"Tentunya kita ingin tetap menjaga dan melestarikan budaya lokal hingga alasan kamu menggunakan bendi dan diiringi Rebana. Selain itu ini merupakan bentuk kesederhanaan kami yang benar-benar tulus ingin bekerja demi perubahan Polman ke depan," Ujar Dirga Adhi Putra Singkarru.


Dirga Adhi Putra Singkarru bersama Istri saat mengendarai Bendi, senyum yang tak pernah lepas saat menyapa warga.
 

Setidaknya kurang lebih 5000 massa simpatisan turut mengantar pasangan ini ke Komisi Pemilihan Umum Polewali Mandar  yang diawali dengan berkumpul di pelataran Hotel Ratih dan menyusuri ruas jalan Ahmad Yani, Andi Depu.

Antusiasme massa simpatisan terlihat selama perjalanan dari hotel ratih menuju KPU, ditambah dengan iringan band sebagai bentuk dukungan dari kaum milenial atau gang x.

Setibanya di KPU Polman sekitar pukul 15:00 WITA setelah menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer, Dirga-Iskandar disambut dengan pengalungan bunga dan langsung menyerahkan berkas pendaftaran. Berkas tersebut akan diperiksa oleh tim verifikator KPU untuk memastikan kelengkapannya.

Ketua KPU Polman, Nurjannah Waris, menyampaikan bahwa Dirga-Iskandar adalah paslon bupati dan wakil bupati  pertama yang mendaftar sejak pendaftaran dibuka pada 27 Agustus. 

Nurjannah menambahkan jika terdapat kekurangan dalam berkas administrasi, pasangan calon akan diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sebelum batas akhir pendaftaran pada 29 Agustus pukul 23:59 WITA.

Pasangan calon lainnya, seperti Samsul Mahmud, Sybli, dan Bebas Manggazali, direncanakan akan mendaftar pada hari berikutnya. 

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut