get app
inews
Aa Read Next : Bebas Mendengar, Apresiasi Warga Galeso Tetap Pertahankan Tradisi Mappandendang

Program Ekonomi Kerakyatan Bebas, Cetak SDM Terampil yang Berdaya Saing

Selasa, 09 Juli 2024 | 00:32 WIB
header img
Andi bebas Manggazali saat bertatap muka lintas masyarakat.

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman id - Salah satu program ekonomi kerakyatan yang diusung Andi Bebas Manggazali yakni mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing bagi putra-putri daerah Polewali Mandar.

Bebas juga akan memprogramkan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Polman, selain mencetak tenaga kerja profesional juga mengurangi angka pengangguran. Dengan BLK, SDM bisa dilatih menjadi terampil sesuai dengan bidangnya. 

"Setelah dilatih di balai pelatihan, kita akan melihat potensi dan bakatnya. Apakah perbengkelan, usaha kuliner, dan yang lainnya. Pelatihan ini sekaligus menggambarkan minat dan bakat seseorang," ujar Bebas.

Ia mencontohkan perbengkelan sangat menjanjikan sebagai usaha untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan, sehingga tidak harus menjadi seorang pegawai. "Jadi masyarakat kita dibutuhkan keterampilan kerja," kata mantan Sekretaris Daerah Polman itu.

Bebas mengatakan BLK sudah pernah  direncanakan dibangun di Polman saat dirinya menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. "Waktu saya menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi pernah diminta lima hektare untuk membuka BLK di Polewali Mandar," kata Bebas.

"Namun pada saat itu belum disepakati dan belum dapat ijin dan pemerintah. Mudah-mudahan ke depan bisa dibuka dan bisa siapkan lahan, karena aset lahan pemerintah ada," sambung Bebas, yang juga Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Polman.

Sekadar diketahui, Bebas sejak memutuskan pensiun dini demi maju Pilkada Polman, dukungan terus berdatangan dari segala lini. Dia maju demi ingin mengabdi lebih banyak ke masyarakat.

Adapun visi yang diusung Andi Bebas di antaranya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat, khususnya di perdesaan.

Adapun misinya mewujudkan peningkatan kualitas manusia yang unggul, mewujudkan sarana dan prasarana kawasan perkotaan Polewali yang tertata, maju dan berkelanjutan.

Di samping itu, ia bertekad mewujudkan struktur perekonomian yang inklusif dan berdaya saing, mewujudkan penguatan pemberdayaan ekonomi lokal perdesaan, dan mewujudkan transformasi pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan.

Berbekal segudang pengalamannya di pemerintahan dan usungan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), Andi Bebas meyakini mampu mewujudkan visi dan misinya itu jika diberi amanah untuk menjadi nakhoda Kabupaten Polman lima tahun ke depan.

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut