get app
inews
Aa Read Next : Bebas Manggazali Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada yang Sejuk dan Damai

Bebas Manggazali Perjuangkan Seluruh Bidan di Polman, Segera Difasilitasi Kendaraan Dinas

Kamis, 20 Juni 2024 | 19:14 WIB
header img
Foto Sekda Andi bebas Saat Bertemu Dinas kesehatan Perjuangkan Randis Untuk Bidan.

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id  --Selain peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas, Sekretaris Daerah (Sekda) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) juga memperjuangkan nasib para bidan.

Mantan camat Luyo itu mengatakan peranan bidan dalam satu daerah sangat penting. Sehingga kata dia,  pemerintah harus memperhatikan tenaga kesehatan ini.

Salah satunya, fasilitas penunjang bidan yakni kendaraan inas (Randis), apalagi yang bertugas di daerah pelosok pedesaan.

"Contoh kecilnya bidan, seharusnya dikasih motor dinas lah. Bayangkan mereka menjalankan tugas sampai pelosok, itu tidak punya kendaraan dinas," ujarnya.

Sejauh ini diakuinya, ia melihat sendiri bagaimana kinerja bidan dalam memberikan pelayanan dan pertolongan ke masyarakat. Karena itu, sudah selayaknya semua bidan yang selama ini mengabdi ke masyarakat mendapat perhatian lebih.

Dengan harapan, pemberian fasilitas kendaraan dinas bisa menjadi pemacu semangat dan motivasi yang menerimanya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara.

Dalam mewujudkan hal itu, Bebas memulai di Dusun Kayu Ranni dan Kaleo, Kecamatan Binuang."Saya sudah janji sama mereka, insyaallah bulan Desember, kalau tidak ada dana dari Pemda, saya akan upayakan bantu dia secara pribadi. Ada dua puskemas," ucapnya.


Foto Bidan Desa saat dialog dengan Sekda dan Dinas kesehatan .

Sebelumnya, Bebas juga mendorong ke depan sarana dan prasarana puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) sampai Posyandu di wilayah kampung  dapat ditingkatkan .

Peningkatan fasilitas sangat  penting dalam pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat terutama yang memiliki akses ke  rumah sakit jauh.

Sehingga ketika membutuhkan perawatan kesehatan yang cepat masyarakat mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas maupun Pustu terlebih dahulu. 

Upaya ini juga dilakukan sebagai cara meminimalisir terjadinya keterlambatan pelayanan di rumah sakit karena antrian lantaran banyaknya pasien. "Jadi biar diare ngak perlu lagi ke rumah sakit. Cukup di Puskesmas atau pustu," ucapnya.

Selain masalah peningkatan fasilitas, Bebas juga akan membentuk tim. Tim ini akan ditugaskan untuk mencari warga yang sakit dan selanjutnya diperiksa

"Seperti istilah kedokteran lebih baik kita mencegah daripada mengobati, misalnya kalau cuma demam, kan obatnya Bodrex," tuturnya. 

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut