get app
inews
Aa Read Next : Koalisi Indonesia Maju Menyatu di Polman

Ini 4 Alasan Mengapa Andi Bebas Manggazali Pantas Pimpin Polman

Rabu, 29 Mei 2024 | 22:31 WIB
header img
Andi Bebas Manggazali

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id -Andi Bebas Manggazali telah memantapkan diri maju mencalonkan sebagai Bupati Polewali Mandar (Polman) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November 2024 mendatang.

Terbukti, sejumlah partai politik pun telah dijajaki untuk mendapatkan dukungan rekomendasi usungan untuk bertarung pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Bertalian dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Polewali Mandar ini terus kian ramai menjadi buah bibir masyarakat. Tak tanggung-tanggung, dukungan dari masyarakat pun makin tak terbendung.

Ketua Tim Pemenangan Bebas Manggazali, Syuaib Hannan mengungkapkan, 4 unsur kepemimpinan Mandar yang melekat dalam diri Bebas Manggazali sehingga sangat pantas memimpin Polman lima tahun ke depan.

"Bebas Manggazali kita unggulkan sebagai calon Bupati Polman 2024-2029 yang akan datang, karena beliau memiliki empat syarat untuk kepemimpinan yaitu, makai (layak)  naratangi (pantas), naindoi, dan sitinayai," kata Syuaib Hannan, Rabu 29 Mei 2024.

Berikut empat unsur kepemimpinan Mandar yang melekat dalam diri Bebas Manggazali:

1. Makai atau layak 

Bebas Manggazali dianggap sangat layak menakhodai Polewali Mandar karena mantan camat Luyo itu memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang pemerintahan.

"Kemampuan dalam ilmu pemerintahan sudah tidak diragukan lagi, segudang pengalaman sebagai birokrat dan karier sudah mumpuni di dalam pelaksanaan birokrasi," kata Syuaib.

2. Naratangi atau pantas

Mempunyai garis keturunan dari Arajang (raja) Balanipa ke-50, La'ju Kanna Doro (1906-1927) yang juga bergelar Tomatindo di Judda (orang yang meninggal di Jeddah), Bebas dianggap sangat pantas memimpin Polman, karena mempunyai latar belakang sosial yang tinggi. 

3. Naindoi atau bercahaya 

Disebut "naindoi", karena Bebas Manggazali memiliki garis keturunan yang pernah bergelut dalam dunia pemerintahan. "Mulai dari nenek neneknya sampai pada orang tuanya," bebernya.

4. Sitinayai atau kesesuaian 

Bebas memiliki rekam jejak yang baik selama meniti kariernya dalam sektor pemerintahan. Ia disebut tidak pernah tersandung kasus hukum. Bebas disebut bersih selama mengemban amanah, semata-mata melayani masyarakat.

Selain itu, Syuaib membeberkan, Bebas memiliki tipe kepemimpinan kharismatik dan demokratis. Kata dia, Bebas mampu memberikan inspirasi dan meninggalkan kesan yang mendalam kepada koleganya ataupun pada kerabatnya karena memiliki daya tarik pribadi yang menarik.

Dalam perjalanannya, Bebas mengedepankan bekerja secara tim. Dia orang yang terbuka akan kritik dan masukan dari siapapun, selama sesuai dengan tujuan dan kemaslahatan bersama. 

Maka, tidak heran jika Bebas dikenal dengan sosok humble, mudah bergaul dengan siapa saja, tanpa pandang bulu. Alhasil, Bebas sangat mudah diterima. Dari kalangan muda, emak-emak, kalangan tua, orang sederhana hingga elite.

Sekadar informasi, Bebas Manggazali saat ini masuk dalam bursa bakal calon Bupati Polewali Mandar pada Pilkada Polman 2024.

Adapun visi yang diusung Andi Bebas di antaranya, peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat, khususnya di perdesaan

Sedangkan misi yang diemban yakni mewujudkan peningkatan kualitas manusia yang unggul, mewujudkan sarana dan prasarana kawasan perkotaan Polewali yang tertata, maju dan berkelanjutan.

Di samping itu, ia bertekad mewujudkan struktur perekonomian yang inklusif dan berdaya saing, mewujudkan penguatan pemberdayaan ekonomi lokal perdesaan, dan mewujudkan transformasi pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan.

Berbekal segudang pengalamannya di pemerintahan, Andi Bebas meyakini mampu mewujudkan visi dan misinya itu jika diberi kesempatan untuk menjadi nakhoda Kabupaten Polewali Mandar. 

Editor : Huzair.zainal

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut