get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Isak Tangis Warnai Proses Pemakaman Korban Tembok Ambruk

Dramatis, SAR Gabungan Selamatkan 12 Warga Terjebak Sungai Kunyi Yang Meluap Usai Petik Langsat

Minggu, 25 Februari 2024 | 22:58 WIB
header img
Tim SAR gabungan melakukan persiapan penyelamatan 12 korban terdiri dari anak anak dan perempuan yang terjebak di sungai meluap..Sumber Foto SAR Polman

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id - Sebanyak 12 orang terdiri dari 2 anak kecil dan 8 orang dewasa terjebak luapan sungai saat baru pulang kebun memetik buah Langsat di Sungai Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar sejak Minggu sore hingga Malam berhasil di selamatkan tim SAR gabungan. 

Evakuasi para korban oleh tim SAR gabungan berjalan dramatis, dimana derasnya arus sungai membuat tim sar harus menggunakan perahu karet yang dibantu dengan sistim drolite.

Foto Foto Proses Penyelamatan Para Korban Oleh Tim SAR Gabungan. 


Foto saat SAR gabungan Bersiap menyelamatkan korban yang terjebak.
 

 

proses evakuasi oleh tim sar gabungan ini melibatkan SAR Polman, TNI, Polri,Bpbd dan juga Rescue PSC 199 ni berjalan dramatis lantaran arus sungai yang cukup deras.

Diketahui para korban yang telah terjebak sejak pukul 16.00 WITA hingga pukul 20.00 Malam atau selama kurang lebih 4 jam lamanya.

Lantaran derasnya arus sungai yang meluap setelah di guyur hujan deras ini membuat proses evakuasi menggunakan petugas menggunakan perahu karet dibantu sistim drolite.

Dimana dimana perahu karet bermesin harus di ikat menggunakan tali yang dibentangkan agar perahu tidak terseret arus deras.

Setelah berjanji selama kurang lebih satu jam lamanya satu persatu para korban yang bertahan di seberang sungai meluap ini pun berhasil di selamatkan.
 
Terlihat sejumlah korban kedinginan termasuk 2 orang  anak kecil dan para perempuan yang alami hipotermia

" Menurut Asmar Gunawan, selaku Kepala Unit siaga 1 SAR Polman, para korban yang terdiri dari 12 orang diketahui hendak pulang setelah berwisata petik buah di kebun salah seorang petani.

ironisnya saat hendak menyebrangi sungai dalam kondisi hujan deras tiba tiba saja air sungai meluap sehingga para korban pun tak bisa menyebrang dan bertahan di lokasi lebih dari 4 jam lamanya.

Lanjutnya, korban diketahui terjebak setelah sejumlah orang yang berada di lokasi Wisata Rumede  melihat para korban dan melaporkan ke PSC 119 Polman.

Saat ini para korban yang berhasil diselamatkan langsung pulang ke rumah dimana kondisi anak anak terlihat lelah dan beberapa diantarnya api hipotermia.tutup Asmar Gunawan.

Editor : Huzair.zainal

Follow Berita iNews Polman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut