get app
inews
Aa Read Next : Dampak Pasca Banjir Bandang

Semangat Hari Kemerdekaan, Warga Pallatta Kibarkan Bendera Berukuran Raksasa Dipuncak Gunung Sinombo

Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:48 WIB
header img
Hari Kemerdekaan RI Ke 78, warga Desa Palatta, Kibarkan bendera ukuran raksasa Di puncak Gunung Sinombo. Kamis, 17 Agustus 2023.

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id. - Semangat warga Desa Pallata, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar, Sulawesi Barat dalam menyambut HUT kemerdekaan di 17 Agustus tahun Ini dilakukan dengan pengibaran bendera raksasa Sepanjang 7,5 meter dan lebar 4,5 meter di puncak gunung Sinombo. 

Meski harus menempuh perjalanan menuju puncak dengan berjalan kaki, ratusan warga serta mahasiswa ini terlihat antusias dengan mendaki di puncak gunung Sinombo,.

Pada perayaan HUT kemerdekaan tahun ini sendiri di gelar warga dengan berbeda, dimana pengibaran sang saka Merah Putih berukuran raksasa di lakukan di puncak gunung tertinggi di wilayah ini.

Dipimpin langsung Kepala Desa Palatta, Andi Hari Guntur bersama warga berjalan kaki melewati medan yang cukup berat di tengah panasnya terik matahari, selama diperjalanan ditempuh sejauh kurang lebih 3 kilometer ini terlihat warga antusias.


Foto bersama Warga dan kades Palatta, Andi Hari Guntur Usai melaksanakan Pengibaran bendera raksasa di puncak gunung
 

Sayangnya beberapa peserta tak mampu melanjutkan perjalan lantaran kelelahan, namun hampir seratus peserta terdiri dari masyarakat biasa, mahasiswa hingga ibu ibu PKK berhasil mencapai puncak gunung Sinombo meski harus berjuang keras.

Pelaksanaan pengibaran bendera ukuran cukup besar ini pun di lakukan dengan sederhana, dimana saat kegiatan pengobatan Bendera sang saka merah putih ini melibatkan setidaknya 12 orang, dimana terdiri dari 8 orang yang memegang Bendera dan 3 yang mengikat Bender untuk di kibarkan.

Saat pengibaran Bender di tiang bambu setinggi 17 meter ini, serentak seluruh peserta menyanyikan lagi Indonesia raya di pimpin langsung kepala desa Andi Hari Guntur.

" Menurut nya, kegiatan pengibaran bendera diikuti warga dan belasan mahasiswa serta ibu ibu PKK ini baru pertama kali di gelar di puncak gunung Sinombo yang juga dikenal gunung memiliki sejarah, dimana gunung ini wilayah perbatasan 3 desa.


Andi Hari Guntur, sesi wawancara bersama awak media usai Pengibaran bendera Raksasa, bersama pendamping desa Kecamatan Tapango, Muhammad Suaib.
 

Alasan kenapa melaksanakan kegiatan ini puncak gunung, yang di ketahuan medan yang berat karena menuju puncak harus berjalan kaki dengan kondisi menanjak , tak lain ini sebagi bentuk penghormatan pada para pahlawan terdahulu bagaimana merebut kemerdekaan itu bukanlah hal yang mudah melainkan perjuangan yang berat, " kata Andi Hari Guntur pada iNewsPolman.id.

" Lanjutnya, hari ini kami melihat bagaimana warga Desa Pallata begitu semangat untuk mengikuti kegiatan ini, tak hanya orang dewasa namun juga, pengibaran bendera dan upacara sederhana HUT kemerdekaan 78 ini juga dikuti anak anak.

Diketahui dimana bendera yang berkibar di puncak gunung ini dapat dilihat dari kota Polewali dan juga kecamatan Campalagian, meski dari kejauhan bendera tersebut nampak terlihat kecil.

Editor : Huzair.zainal

Follow Berita iNews Polman di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut